PROGRAM MAHASISWA KKN UNDIP TAHUN 2019 DI DESA MERBUH (Pembuatan Produk Nugget, Telur Asin Ayam serta Ovitrap Nyamuk)

Sabtu (02/2), hari ini dua orang mahasiswa KKN UNDIP melaksanakan program monodisplin mereka. Kegiatan monodisiplin dilaksanakan di Dusun Jurang Brengos pada pukul  16.00 WIB. Sasaran program monodisiplin ini adalah ibu – ibu PKK yang ada di Dusun Jurang Brengos. Ibu – ibu PKK dijaadikan sebagai sasaran para mahasiswa dikarenakan produk yang dibuat diharapkan dapat membantu perekonomian keluarga dan sebagai keterampilan ibu – ibu. Pembuatan ovitrap (perangkap nyamuk sederhana) bertujuan agar ibu – ibu dapat memanfaatkan bahan yang ada untuk membuat perangkap nyamuk.

Pelatihan dan pembuatan nugget dan telur asin ayam dilakukan oleh Farida Idealistina dari jurusan Peternakan. Mahasiswa ini membuat produk olahan ayam dikarenakan di sebagian besar masyarakat Desa Merbuh memiliki ternak ayam pedaging. Masyarakat yang memiliki ternak ayam ketika panen langsung dijual ke pasar tidak melalui pengolahan menjadi poduk terlebih dahulu. Pengolahan ayam menjadi produk bertujuan untuk pengawetan bahan pangan dan menambah nilai gizi dari pangan tersebut. Selain itu, ibu – ibu PKK juga mendapatkan keterampilan membuat produk tersebut yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pelatihan pembuatan ovitrap untuk pencegahan nyamuk demam berdarah dilakukan oleh Darsini Puji Lestari dari jurusan Kesehatan Masyarakat. Musim hujan yang hampir setiap hari terjadi selain menyebabkan tanah longsor dan banjir juga dapat menyebabkan nyamuk DB berkembang pesat. Penyakit demam berdarah biasanya dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini sangat suka di tempat yang gelap dan juga air tergenang. Untuk mencegah nyamuk DB ini berkembang pesat maka perlu dilakukan pembersihan lingkungan dengan metode 3 M plus. 3 M plus ini telah dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan RI. Metode 3 M Plus adalah bentuk pencegahan seperti menaburkan  bubuk larvasida, menggunakan obat nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur dan menghidari baju yang digantung. Selain itu juga dapat dicegah dengan pembuatan ovitrap. Pernagkap nyamuk ini sangat mudah pembuatan dan bahan nya mudah didapatkan.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan